Pangkalpinang (Antara Babel) - Jumlah penumpang bus di terminal Girimaya, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkat dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Dua hari menjelang Idul Fitri aktivitas arus mudik sudah mulai meningkat. Hal ini terlihat dari kedatangan dan keberangkatan para penumpang di Terminal Girimaya," ujar mandor angkutan darat Girimaya trayek Pangkalpinang-Bangka Tengah dan Bangka Selatan, Agus, Jumat.

Ia mengatakan, meningkatnya jumlah penumpang tidak hanya dari para pemudik yang ingin pulang kampung tetapi juga dari masyarakat dari kabupaten yang ingin berbelanja kebutuhan Lebaran ke Kota Pangkalpinang.

"Masyarakat lebih memilih jasa angkutan ketimbang menggunakan motor pribadi karena lebih nyaman dan santai," katanya.

Ia menyebutkan, pada hari biasa penumpang cukup sepi yakni sekitar 20 orang sekali jalan, namun sekarang tempat duduk penuh yakni mencapai 30 orang setiap kali jalan.

Sementara itu Kepala Terminal Girimaya, Ali mengatakan hingga kini arus penumpang dari dan tujuan Kota Pangkalpinang mulai ramai baik dari pemudik maupun masyarakat kabupaten yang mau berbelanja ke kota.

"Jumlah penumpang akan lebih ramai lagi esok hari atau H-1 karena merupakan hari terakhir menjelang Lebaran," ujarnya.

Lebih lanjut Ali menyebutkan untuk mengantisipasi arus mudik dan demi kenyamanan para penumpang pihaknya memperketat pengamanan di kawasan terminal.

"Di Terminal Girimaya telah dibuka posko pengamanan yang beroperasi mulai hari ini hingga beberapa hari usai perayaan Idul Fitri nanti," ujarnya.

Dengan adanya posko pengamanan diharapkan para penumpang yang mudik dan yang akan kembali nantinya dapat merasa aman.

"Usai melaksanakan apel gelar pasukan di lapangan kita melakukan kunjungan ke pos pelayanan yang didirikan di terminal," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017