Muntok (Antara Babel) - Aktivitas di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu atau sehari sebelum Lebaran 2017 mulai lengang seiring berkurang jumlah pemudik.

Sekitar pukul 15.00 WIB, terminal tunggu calon penumpang yang menggunakan kendaraan roda empat di pelabuhan ini tampak sepi, hanya sekitar 20 unit mobil pribadi yang terparkir menunggu jadwal penyeberangan.

Padaruang tunggu sepeda motor terparkir sekitar 40 unit, sedangkan ruang tunggu penumpang pejalan kaki sepi.

Suasana cukup berbeda dibandingkan sehari sebelumnya pada jam sama, pada Jumat (23/6) aktivitas Pelabuhan Tanjungkalian Muntok masih cukup sibuk dan dijejali para pemudik, baik yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan pribadi.

Pada luar kawasan pelabuhan di terminal tunggu yang berada di seberang jalan pelabuhan masih berjajar rapi sekitar 50 unit truk bak terbuka yang menunggu jadwal menyeberang ke Pelabuhan Tanjung Api Api, Sumatera Selatan.

Situasi berbeda terpantau di pusat Kota Muntok, warga dari sejumlah desa masih sibuk berbelanja berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan lebaran.

"Selain membeli kebutuhan lebaran, seperti daging, tepung, minyak goreng dan sejenisnya, kami juga membeli sayur mayur dan bumbu dapur dengan jumlah lebih banyak," kata ibu rumah tangga, Puji (38) saat ditemui di Pasar Muntok.

Ia mengatakan, sengaja membeli bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari agak banyak karena para pedagang akan libur dalam beberapa hari ke depan.

"Sudah menjadi kebiasaan, setiap Idulfitri para pedagang libur hingga beberapa hari karena berlebaran di rumah masing-masing," katanya pula.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017