Pangkalpinang (Antara Babel) - Jumlah penumpang kapal laut rute Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang tujuan Pelabuhan Tanjungpandan Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H-1 Idul Fitri 1438 Hijriyah sudah menurun menjadi 345 orang dari sebelumnya mencapai 775 orang pada H-2.

"Pada hari terakhir arus mudik lebaran tahun ini kembali normal dan berjalan kondusif," kata Kepala Cabang PT Inti Sakti Makmur Pangkalbalam Yudi di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan sebanyak 345 orang penumpang tersebut diangkut Express Bahari 3E berkapasitas 400 orang dengan rincian penumpang naik 159 orang dan turun 186 orang.

Sementara itu, penumpang kapal pada H-2 sebanyak 775 orang dengan rincian penumpang berangkat 384 orang dan turun 391 orang.

"Kami akan kembali melayani calon penumpang pada Selasa (27/6) dan diperkirakan puncak arus balik nanti terjadi pada Sabtu (1/7), karena pegawai negeri sipil pada Senin (3/7) sudah mulai bekerja," katanya.

Yudi mengatakan arus mudik dengan kapal tahun ini berjalan lancar dan kondusif, dengan jumlah penumpang yang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

"Arus mudik tahun ini mengalami penurunan, karena masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan udara untuk pulang kampung merayakan lebaran," ujarnya.

Menurut dia keberangkatan calon penumpang berjalan lancar dan sesuai jadwal keberangkatan, karena kondisi perairan aman untuk pelayaran kapal.

"Mudah-mudahan kondisi perairan masih tetap aman selama arus balik nanti, sehingga pelayanan kepada calon penumpang tetap berjalan dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017