Pangkalpinang (Antara Babel) - Penumpang bus di terminal Girimaya Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepi pada hari "H" Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Saat seperti ini penumpang sangat sepi karena puncak mudik sudah berlangsung sebelum Lebaran," ujar salah seorang supir bus di terminal Girimaya Pangkalpinang, Sajono, Minggu.

Ia mengaku terjadi penurunan jumlah penumpang sejak H-2 Lebaran karena lonjakan jumlah pemudik terjadi pada H-5 hingga H-3.

"Masyarakat banyak yang sudah merental mobil untuk bersilaturahim sehingga tidak lagi menggunakan jasa angkutan umum," ujarnya.

Sajono menambahkan, pada hari pertama Lebaran penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus sangat sedikit yakni hanya sekitar 10 orang saja.

"Jumlah penumpang hanya sedikit sehingga kita banyak yang rugi karena biaya operasional lebih besar dari pendapatan," katanya.

Menurut dia, biasanya pada H+2 ada rombongan yang menyewa angkutan bus untuk mengunjungi saudara untuk bersilaturahim atau untuk berwisata.

Sajono memperkirakan angkutan penumpang bus baru kembali akan normal pekan depan.

"Pekan depan pegawai sudah masuk kerja semua, jadi sudah mulai arus balik," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017