Pangkalpinang (Antara Babel) - Penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang di Pulau Bangka tujuan Pelabuhan Tanjungpandan di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H+2 Lebaran 2017 didominasi wisatawan dari Pulau Sumatera.

"Saat ini penumpang kapal tujuan Belitung mencapai 378 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan pada H+1 Lebaran," kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Adriawan Simanungkalit di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan total penumpang kapal di Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjungpandan pada H+2 mencapai 664 orang dengan rincian penumpang naik 378 orang dan turun 286 orang.

Jumlah penumpang kapal pada H+1 sebanyak 651 orang dengan rincian penumpang turun 270 orang dan berangkat menuju Pelabuhan Tanjungpandan sebanyak 381 orang.

"Sekitar 70 persen penumpang kapal merupakan wisatawan dari Pulau Sumatera untuk berwisata menikmati keindahan alam Pulau Belitung," katanya.

Menurut dia penumpang kapal tujuan Belitung mengalami peningkatan karena tiket angkutan udara yang sudah habis dipesan masyarakat untuk berwisata ke negeri berjulukan laskar pelangi itu.

"Kondisi selama arus balik ini berjalan kondusif, aman dan lancar. Namun ada beberapa penumpang kapal yang tidak bisa diberangkatkan karena tiket kapal habis terjual," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat yang akan melakukan arus balik untuk memesan tiket seminggu sebelum hari keberangkatan.

"Kami memperkirakan puncak arus balik lebaran tahun ini terjadi pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7), karena masa cuti bersama PNS dan karyawan swasta berakhir," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017