Pangkalpinang (Antara Babel) - Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Wilayah Bangka Belitung memulihkan 35 persen pasokan listrik yang terganggu setelah banjir yang terjadi di Belitung Timur.

"Hingga hari ini (Senin), PLN berhasil memulihkan 182 trafo dari 556 unit trafo yang diamankan setelah banjir sejak Sabtu (15/7)," kata Deputy Manajer Hukum-Humas PLN Wilayah Bangka Belitung, Agus Yuswanta, Senin.

Dia mengatakan, saat ini kondisi kelistrikan di Belitung Timur berangsur pulih. Kondisi ini membuat sebanyak 6.865 pelanggan  sudah menyala dengan beban sebesar 1,6 MW.

Sebelumnya, tercatat 10 buah feeder padam dan 556 unit trafo terendam air, hal ini menyebabkan 28 ribu pelanggan harus mengalami pemadaman. Namun kini masih tersisa 21.801 pelanggan lagi yang belum menyala akibat 392 trafo masih terendam banjir.

"Estimasi penormalan paling lambat ada di daerah Kampit, Gantung, Pesak, dan Membalong yang diperkirakan baru bisa menyala satu hari ke depan. Dalam operasi penormalan listrik ini PLN menerjunkan 41 personel perbaikan yang terbagi dalam tiga tim," ujarnya.

Agus mengatakan, sesuai dengan SOP PLN akan mengecek terlebih dahulu kondisi gardu, apakah aman bila dialiri listrik. Jika dari hasil pengecekan diperoleh data bahwa gardu tersebut dipastikan sudah aman, maka PLN dapat segera memberikan tegangan pada gardu-gardu dan penyulang-punyulang yang sebelumnya dipadamkan akibat terendam banjir.

"Kondisi pasokan dayanya terpenuhi, hanya saja yang belum memenuhi adalah aspek keamanannya. Prinsipnya yang kami utamakan adalah keselamatan warga dan petugas. Kami akan menyalakan listrik jika dipastikan kondisi sudah aman," ujarnya.

Dia mengimbau demi alasan keselamatan, warga diminta untuk segera mencabut listrik dari saklar MCB di kWh meter apabila air sudah mencapai sumber listrik (stop kontak). Setelah banjir surut, sebaiknya seluruh peralatan listrik dikeringkan terlebih dahulu dengan sempurna sebelum digunakan kembali.

"Untuk mengetahui update lokasi yang sudah nyala setelah banjir surut dan listrik dipandang aman untuk dinyalakan, masyarakat dapat menghubungi contact center 123 yakni telephone (0717) 123 , twitter pln _123 , facebook pln123, email pln123@pln.co.id, website PLN www.pln.co.id dan facebook PLN Wilayah Bangka Belitung," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017