Pangkalpinang (Antara Babel) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) kedua tahun 2017 guna meningkatkan karakter kepalangmerahan dan kebangsaan sejak dini.

"Melalui Jumbara ini juga sebagai pendidikan sebaya melalui pendekatan keterampilan hidup," ujar Ketua Pelaksana Jumbara, Ferna Dewi di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menyebutkan, peserta yang ikut Jumbara sebanyak 315 orang dan panitia sebanyak 50 orang. Kegiatan dilaksanakan pada 20 Juli 2017 di SMA Negeri 3 Pangkalpinang.

Peserta yang ikut, yakni tingkat mula sebanyak tiga sekolah total peserta 34 orang dan tingkat madia sembilan sekolah total 153 orang. PMR tingkat wira lma sekolah total 85 orang dan PMR sahabat dari Kabupaten Bangka Selatan sejumlah 23 orang.

Dari Kabupaten Bangka sejumlah 20 orang. "Sekolah yang ikut dari Pangkalpinang semua," katanya.

Ia menjelaskan, Jumbara merupakan satu bentuk pembinaan yang merupakan ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi.

"Jumbara  juga merupakan kegiatan evaluasi serta dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan dalam suasana gembira bersahabat dan partisipatif," ujarnya.

Jumbara dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

"Jumbara dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dengan mengurangi sifat kompetisi atau lomba dan ajang evaluasi bersama yang dikaitkan dengan proses pembinaan PMR sesuai tugas peran dan fungsi masing masing komponen," tuturnya.

Jumbara berlangsung selama tiga hari, yakni 20-23 juli 2017.

"Rangkaian kegiatan dalam ajang tersebut diantaranya traveling kepalangmerahan, jumpa remaja tanggung, loka karya pembina, pentas seni dan sebagainya," katanya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017