Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 112 orang calon haji dari Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah, Rabu.

Bupati Bangka Barat Parhan Ali melepas keberangkatan jamaah calon haji tersebut di Masjid Al Mutaqqin Kelapa.

"Dengan iman yang teguh, harapan kuat, dan usaha gigih kami yakin jamaah akan mampu menunaikan ibadah dengan baik dan kembali ke Tanah Air sebagai haji mabrur," kata Parhan Ali.

Sebanyak 112 orang calon haji dari Kabupaten Bangka Barat berasal dari Kecamatan Muntok 41 orang,  Simpangteritip 16 orang, Jebus delapan orang, Parittiga 10 orang, Kelapa 23 orang, dan dari Kecamatan Tempilang 14 orang.

Jamaah calon haji akan didampingi dua petugas kesehatan, yaitu dr Erwin dan satu orang perawat.

Bupati Parhan Ali mengatakan para calon haji akan melakukan perjalanan panjang untuk memenuhi undangan Allah SWT. Untuk itu, perlu konsentrasi dan tekad kuat agar ibadah berjalan dengan baik.

"Ibadah haji merupakan bentuk dorongan iman sekaligus perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT, baik dalam limpahan karunia kemampuan material dan spiritual," katanya.

Bupati Parhan Ali mengajak masyarakat mendoakan jamaah agar senantiasa diberikan kemudahan, taufiq dan hidayah untuk meringankan langkah calon haji dalam menjalankan ibadahnya.

"Kami juga mendoakan semoga pemberangkatan jamaah calon haji kali ini memberikan motivasi bagi kita untuk menyiapkan diri guna memenuhi panggilan yang hanya sekali seumur hidup," kata dia.

Ia berpesan agar para calon haji mampu menunaikan ibadah haji, menjaga kesehatan dan mematuhi segala prosedur yang ada sehingga bisa beribadah haji dengan lancar tanpa halangan dan kembali ke Tanah Air menjadi haji mabrur dan mabrurah.

Pelepasan jamaah berjalan lancar berkat pengamanan pihak Kepolisian Resor Bangka Barat yang mengerahkan sebanyak 55 orang personel.

Jamaah calon haji dari Kabupaten Bangka Barat masuk dalam kelompok terbang (kloter 07) dan pada Rabu ini diberangkatkan dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Embarkasi Palembang.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017