Pangkalpinang (Antara Babel) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar "home care" bagi lansia secara gratis sebagai bentuk kepedulian antarsesama.

"Pada kegiatan yang berlangsung 27-29 September 2017 ini PMI memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi lansia yang tidak bisa berobat karena terbaring di rumah dan tidak bisa ke tempat yang menyediakan fasilitas kesehatan," ujar salah satu anggota tim kegiatan tersebut, dr Amelia di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menyebutkan, tim datang langsung ke rumah lansia untuk memberikan pelayanan kesehatan termnasuk dukungan psikososial.

"Kegiatan serupa pernah dilakukan PMI pada 2016 dimulai dari program pengobatan gratis bagi korban banjir dan saat itu banyak lansia yang tidak bisa datang ke posko kesehatan karena sakit. Karena itu tahun ini PMI mengadakan kegiatan ini lagi," ujarnya.

Menurut dia ada sekitar 50 lansia di 10 kelurahan didatangi untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di rumah.

Kelurahan yang didatangi yakni Gabek, Tuatunu, Bukit Sari, Gajah Mada, Opas Indah, Gedung Nasional, Pangkalbalam, Sinar Bulan, Semabung dan Air Itam.

Ia menyebutkan, penyakit yang banyak diderita pasien adalah stroke, hipertensi, ngilu persendian dan gangguan pada mata.

"Tim kita juga dibantu dokter UTD PMI dr Ulfa Suryani dan dokter Puskesmas Kelurahan Air Itam dr Roswita yang bertugas menangani pasien lansia," katanya.

Rencananya kegiatan serupa akan dilaksanakan setiap tahun dan pelayanan bagi lansia akan terus ditingkatkan.

"Semoga PMI bisa lebih dekat dengan masyarakat dan dapat membantu sesama yang membutuhkan terutama para lansia," ujar dr Amelia.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017