Pangkalpinang (Antara Babel) - Komando Resor Militer 045/Garuda Jaya menggandeng universitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk membumikan nilai-nilai Pancasila agar masyarakat khsususnya generasi muda tidak mudah dipengaruhi paham radikal yang dapat mengganggu keamanan dan persatuan bangsa.

"Kita berharap para mahasiswa sebagai kaum intelektual bisa menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat," kata Komandan Korem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Abdurrahman di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan Pancasila merupakan ideologi bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur untuk mempersatukan berbagai keragaman. Untuk itu nilai-nilai dalam ideologi bangsa ini harus dibumikan untuk memperkuat pemahaman dan pengamalannya di masyarakat.

"Kita sudah melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan lima sila yang ada di Pancasila dalam kehidupan masyarakat," ujarnya.

Menurut Abdurrahman selama ini Pancasila tidak ada masalah sebagai dasar dan pemersatu bangsa. Leluhur pada zaman merebut kemerdekaan dalam membuat Pancasila dengan penuh pertimbangan dan mengetahui bahwa bangsa ini hidup dalam kebinekaan dengan beragam agama, budaya dan sosial.

"Pendahulu kita sudah memikirkan kemajemukan dan keragaman bangsa ini dan saya sangat salut dengan tokoh-tokoh bangsa ini yang telah berfikir jauh ke depan dalam menjaga persatuan bangsa ini," ujarnya.

Ia berharap kerja sama dengan universitas penyebarluasan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat semakin baik dalam menangkal paham-paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa ini.

"Kami berharap pendidikan Pancasila ini di tingkat SD, SMP dan SLTA untuk lebih ditingkatkan, agar generasi penerus bangsa ini paham dan mengerti serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017