Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengapresiasi program-program Forum Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami mendukung visi misi forum BUMN ini karena sejalan dengan program pemerintah provinsi dalam meningkatkan pembangunan sektor pariwisata, pertanian, perikanan dan juga sumber daya manusia," kata Abdul Fatah saat menghadiri kegiatan "coffee morning" di PT Pelindo II (Persero) Cabang Pangkalbalam, Rabu.

Ia mengatakan sinergi dan kerja sama antara kalangan BUMN dengan pemerintah daerah sangat penting untuk menyukseskan berbagai program pemerintah provinsi yang akan menggelar berbagai event berskala nasional dan internasional sebagai upaya mempromosikan potensi wisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Ia mencontohkan kejuaraan nasional tinju amatir yang akan digelar dalam waktu dekat, kemudian juga lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat nasional dan lomba kompetensi keahlian tingkat Asia, serta Motocross Grand Prix (MXGP) dan sejumlah kegiatan wisata lainnya.

"Saya nilai kalau seluruh kegiatan ini dibebankan ke APBD yang hanya Rp2,1 triliun, maka program strategis ini tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu diharapkan BUMN dapat berperan dan mendukung program pemerintah provinsi agar berbagai kejuaraan dan ajang-ajang berskala  nasional dan internasional ini berjalan dengan sukses," ujarnya.

Wagub meyakini sinergi antar-BUMN juga akan mampu memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah dalam membangun negeri ini.

"Kita hadir di sini sebagai wadah memperkuat rasa kegotongroyongan untuk membangun daerah kita ini," kata Abdul Fatah.

Ketua Forum BUMN Kepulauan Babel, Susanna Saragih mempertegas komitmen untuk terus bersinergi dan mendukung program pemerintah daerah melalui program "BUMN Hadir Untuk Negeri", "BUMN Mengajar", serta melalui penyaluran dana-dana CSR guna memberdayakan perekonomian dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah ini.

"Program BUMN mengajar sendiri telah dimulai bulan lalu di Universitas Bangka Belitung dan akan terus dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017