Muntok (Antara Babel) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin memberikan tanggapan kepada seluruh calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan.

"Selama proses penjaringan dilakukan, kami masih membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin memberikan tanggapan agar nantinya yang ditetapkan sebagai anggota panwaslu kecamatan benar-benar independen dan berintegritas," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio F Fahlevi di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, tanggapan masyarakat bisa langsung disampaikan kepada kelompok kerja rekrutmen panwaslu kecamatan di kantor Bawaslu Kabupaten Bangka Barat di Muntok atau melalui nomor telepon 0822 8016 0000.

Ia menambahkan, tanggapan terhadap figur calon Panwascam bisa disampaikan secara tertulis atau melalui pesan singkat di nomor yang sudah disediakan.

"Idenditas pelapor kami jamin rahasiakan, jadi tidak perlu takut memberikan masukan dan informasi sekecil apapun terkait para calon pengawas yang akan bertugas pada Pemilu 2019 itu," katanya.

Menurut dia, tanggapan masyarakat cukup penting disampaikan agar pihaknya bisa mendapatkan panwaslu kecamatan yang berkualitas dan independen.

Ia mengatakan, pada Sabtu (21/10) telah melaksanakan tes tertulis calon anggota panwaslu kecamatan yang diikuti sebanyak 69 orang dari enam kecamatan di daerah itu.

"Saat ini kami masih melakukan penilaian dan rencananya akan kami umumkan pada Selasa (24/10)," kata dia.

Pada tahap ini, panitia akan mengumumkan sebanyak 36 orang atau masing-masing kecamatan dipilih enam terbaik untuk mengikuti tes selanjutnya, yaitu tes wawancara.

"Tes wawancara kami jadwalkan pada Jumat (27/10), namun kami masih menunggu pleno pelaksanaannya," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017