Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba cipta menu pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan sumber daya lokal tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2017.

Ketua Panitia Lomba Cipta Menu Pangan B2SA, Unggul Ulung Perdanika, Kamis, mengatakan lomba tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA.

"Lomba ini juga bertujuan untuk mendorong munculnya kreativitas masyarakat Kota Pangkalpinang pada umumnya dan ibu rumah tangga pada khsususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu," katanya.

Dikatakannya, tujuan lain kegiatan tersebut yaitu untuk membangun budaya keluarga dan masyarakat Kota Pangkalpinang untuk mengonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi yang seimbang.

Terpilih sebagai juara pertama yaitu peserta dari Kacamatan Gabek, juara kedua dari Kecamatan Rangkui, ketiga dari Kecamatan Pangkalbalam.

"Untuk pemenang lomba dinilai dari beberapa spesifikasi mulai dari biaya penciptaan menu, keanekaragaman jenis pangan, kreativitas pengembangan resep dan lain hal sebagainya," ujarnya.

Dia mengatakan, peserta dari Kecamatan Gabek yang meraih Juara satu ini, tahun depan akan mewakili Kota Pangkalpinang untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat provinsi.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017