Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera merealisasikan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) bagi masyarakat yang tidak mampu di daerah itu.

"Dengan berjalannya sistem ini diharapkan Dinsos bukan hanya sekedar mengeluarkan surat rekomendasi, tetapi bisa langsung menindaklanjuti permasalahan yang dialami masyarakat yang tidak mampu," kata Kepala Dinas Sosial PPPA Kota Pangkalpinang Fitriansyah di Pangkalpinang, Selasa.

Untuk memuluskan langkah tersebut, pihaknya akan segera membuat kesepakatan dengan beberapa pemangku kebijakan terkait pelayanan sosial yang berfokus pada pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan.

"Terkait kesepakatan tersebut, kami sudah berkomunikasi dengan beberapa OPD terkait dan disambut baik. Kami akan kejar tertulisnya sehingga mendapatkan kepastian dalam implementasinya," katanya.

Ia mengatakan, dengan realisasi program ini diharapkan masyarakat yang tidak mampu akan mendapatkan kemudahan pelayanan dari pemerintah baik itu kesehatan, pendidikan, sosial serta hal lainnya.

"Misalnya ada keluarga tidak mampu yang sakit dapat segera melapor kepada kami dan langsung ditindaklanjuti dengan pertolongan medis. Kemudian masalah administrasi biar kami yang urus karena sudah mempunyai tenaga yang memadai," ujarnya.

Untuk mendapatkan pelayanan tersebut, masyarakat tidak mampu dapat segera datang ke SLRT di Dinas Sosial atau langsung menemui fasilitator yang ada di setiap kelurahan.

"Semua laporan tersebut akan segera kami tindak lanjuti secepatnya. Yang jelas kami ingin setiap masyarakat yang datang ke dinsos dengan membawa masalah, pulangnya harus dengan gembira," katanya. ***4***



Sigit Pinardi

(T.KR-AMD/B/S024/S024) 02-01-2018 19:26:33

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018