Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap meluncurkan program Berkah Mart dan Koperasi Mandiri Mart guna menekan kenaikan harga kebutuhan pokok sekaligus mengendalikan inflasi di daerah itu.

"Program ini siap diluncurkan agar masyarakat mudah mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang murah," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fattah usai memimpin rapat persiapan peluncuran Program Berkah Mart di Pangkalpinang, Jumat (2/2).

Ia menjelaskan, program Berkah Mart dan Koperasi Mandiri, sebagai upaya dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat daerah, sekaligus menurunkan angka inflasi yang masih tinggi, karena harga kebutuhan pokok yang tinggi.

"Kita akan masukkan semua produk UMKM dan produk lainnya langsung didistribusikan dari pabrik agar masyarakat bisa membeli produk yang diinginkan dengan harga? murah," ujarnya.

Selain itu, melalui Berkah mart semua produk UMKM akan dipasarkan karena ini akan menjadi etalase produk masyarakat.

Ketua Koperasi Berkah Mandiri, Hendi Kurnia menambahkan,? program berkah mart melibatkan semua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di kabupaten/kota.?

Ia mengatakan saat ini jumlah BUMdes berjumlah 250 unit dan beragam usahanya dari pedagang kue sampai penjual properti dan rumah.

"Kami akan terus merekrut anggota baru untuk menguatkan koperasi ini dan akan memilih orang yang tepat, dimana mereka yang akan menjalankan usaha ini dari orang-orang yang hijrah seperti perbankan dan perusahaan pembiayaan lainnya (leasing)," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018