Toboali (Antaranews Babel) - UPP Kelas III Syahbandar Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau nelayan untuk tetap mewaspadai cuaca buruk guna menghindari kecelakaan saat mencari ikan di tengah laut.

"Meski kondisi cuaca di perairan sudah mulai membaik, namun demikian diimbau tetap waspada," kata petugas Kesyahbandaran UPP Kelas III Syahbandar Toboali, Mardiyanto di Toboali, Senin.

Ia menjelaskan berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG kondisi cuaca laut di Bangka Selatan sampai dengan Sabtu (10/2) dalam keadaan aman namun nelayan harus tetap waspada.

Saat ini tinggi gelombang di perairan laut Basel berkisar antara nol hingga 0,5 meter namun bisa berubah tanpa diduga.

"Cuaca ini dapat berubah-ubah tanpa diduga oleh sebab itu nelayan harus tetap waspada dan melengkapi perlengkapan laut saat pergi melaut," katanya.

Mardiyanto mengatakan nelayan harus melengkapi perlengkapan pelayaran yang sesuai aturan agar dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

"Jadi apabila ada kejadian saat melaut dapat dilaporkan kepada pihak yang berwenang sehingga memudahkan petugas dalam mengambil tindakan," ujarnya.

Ia mengatakan tetap memantau perkembangan situasi cuaca dan gelombang apabila ada perubahan langsung disampaikan kepada nelayan.

"Keadaan cuaca terus dipantau apabila ada perubahan bisa langsung disampaikan kepada nelayan," katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018