Gorontalo, 20/2 (Antaranews Babel) - Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa mengatakan pihaknya mendorong instansi maupun lembaga di daerah ini agar menggelar aksi donor darah dalam setiap agenda kegiatan.
Menurut dia, di Gorontalo, Selasa, kebutuhan darah untuk rumah sakit, klinik, dan puskesmas di provinsi ini sebanyak 1.200 kantong setiap bulan.

"Sementara ketersediaan darah hanya sekitar 700 hingga 800 kantong sehingga masih membutuhkan 500 kantong darah lagi per bulan," katanya.
Ia berharap setiap lembaga dan kelompok masyarakat dapat membantu mengatasi hal itu dengan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang digelar dalam berbagai kesempatan.
Sebelumnya, Winarni menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI yang berlangsung di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Minggu (18/2).

Dalam Mukernas PMI yang dibuka Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla itu, ia menyampaikan beberapa pokok-pokok program kerja yang akan dilakukan pada tahun 2018.
Selain fokus pelantikan pengurus, Winarni mengatakan PMI akan fokus pada penyediaan darah di daerah.

Pemenuhan kebutuhan darah bisa terwujud jika semua pemangku kepentingan bahu membahu menggiatkan program donor darah, katanya.
Kesadaran warga tentang pentingnya darah untuk kemanusian, lanjutnya, akan terus disosialisasikan.

"Di samping itu, kami juga fokus untuk peningkatan kualitas SDM PMI yang terlatih dan terampil. Termasuk ketersediaan fasilitas operasional penunjang," imbuhnya.
Winarni Monoarfa terpilih sebagai Ketua PMI Provinsi Gorontalo periode 2017-2022 pada Muswil PMI akhir 2017.
Rencananya ia bersama pengurus lain akan dilantik Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla dalam waktu dekat ini.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018