Sungailiat (Antaranews Babel) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan "Tiga Bulan Bersih Sampah" guna memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

"Ada beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya `Tiga Bulan Bersih Sampah` yang terbagi dalam tiga kategori," ujar Kepala DLH Kabupaten Bangka, Meina Lina di Sungailiat, Rabu.

Ia menjelaskan, ketiga kategori itu yakni sosialisasi kebijakan dan program pengelolaan sampah, gerakan sampah terlokasi pada sarana publik dan pemerintah, serta?membangun gerakan masyarakat untuk mewujudkan kota bersih.

Kegiatan dilaksanakan atas kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat serta komunitas pemerhati lingkungan, yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta seluruh instansi pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat dalam peningkatan pengelolaan persampahan, mengedukasi wawasan secara bersama dalam menggalakkan kampanye bersih sampah.

Gerakan kebersihan dalam rangkaian HPSN dilaksanakan di Gunung Maras, Pantai Matras, Pantai Rebo, Pantai Tikus dan kegiatan "Jumat Bersih" setiap hari Jumat.

Ditambahkan Meina, ada beberapa program yang dikhususkan bagi masyarakat terkait peduli sampah, yakni "Mak-mak dan nona-nona peduli sampah (monalisa)" serta "Masyarakat peduli sampah (Madusari)".

"Sampah rumah tangga memberikan kontribusi paling besar, diharapkan dengan adanya program ini terkhusus di peringatan HPSN ini masyarakat lebih peduli terhadap sampah dan lingkungan sehingga tercipta kawasan yang bersih dan sehat," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018