Jakarta (Antaranews Babel) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno membuka acara Seminar dan Kurasi bagi Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Unggulan DKI Jakarta yang digelar di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Sandiaga, dalam sambutannya, menyampaikan keinginan dan harapannya agar kedepannya akan ada lebih banyak lagi UKM di Jakarta yang bertaraf internasional, atau dengan kata lain "go international".

"Melalui kegiatan ini, saya berharap semakin banyak UKM yang 'go international'. Kegiatan ini juga merupakan langkah awal upaya kami untuk mendorong UKM di Jakarta menjadi ekonomi kreatif bertaraf internasional," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, kegiatan seminar dan kurasi tersebut diselenggarakan dengan tujuan agar produk-produk UKM yang dihasilkan semakin berkualitas, memiliki daya saing, memiliki ciri khas serta berlabel Indonesia.

"Saya perkirakan ada sekitar 1.500 lapangan kerja yang bisa didorong dan lebih dioptimalkan. Dengan begitu, usaha-usaha tersebut dapat memberikan dampak yang baik terhadap perekonomian, baik di Jakarta maupun di Indonesia," ujar Sandiaga.

Sementara itu, dia menuturkan kegiatan tersebut dihadiri oleh salah satu kurator sekaligus artisan atau orang yang ahli membuat barang kerajinan tangan dari New York, Amerika Serikat, yaitu Jennifer Isaacson.

"Kegiatan ini bisa menjadi langkah pembuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk selanjutnya dapat memamerkan produk-produk unggulannya dalam acara New York Now yang merupakan pasar artisan terbesar di Amerika Utara," tutur Sandiaga.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan rincian kurasi yang dilakukan di dalam kegiatan tersebut diantaranya mencakup produk, kemasan, teknik produksi, pemasaran serta follow up dengan pasar.

"Jadi, nantinya akan dipilih satu atau dua UKM yang memang kurasinya sangat detail. Saya berharap bagi UKM yang belum terpilih kali ini tidak patah semangat dan mau mencoba lagi tahun depan," ungkap Sandiaga.

Pewarta: Cornea Khairany

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018