Jakarta (Antaranews Babel) - Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi memperkirakan Presiden Joko Widodo akan memutuskan nama pengganti Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen (Pol) Budi Waseso yang memasuki pensiun pada Maret 2018, Rabu ini.

"Tadi pagi saya konfirmasi, kemungkinan hari ini sudah diputuskan oleh Presiden. Kemungkinan hari ini," kata Johan Budi di lingkungan Istana Kepressidenan Jakarta, Rabu.

Johan Budi mengungkapkan bahwa Presiden telah menerima usulan tiga nama untuk menggantikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini  beberapa waktu lalu.

"Ya kan yang dipilih satu, tapi usulan ada beberapa nama, kalau tidak salah ada tiga nama," katanya.

Johan Budi mengatakan usulan ketiga nama pengganti Kepala BNN ini  di antaranya berasal dari Kapolri, namun dia tidak menyebutkan nama-nama tersebut.

"Saya tidak melihat usulannya, jadi tidak bisa dishare. Kalau saya melihat tentu akan saya share," kata Johan Budi menjawab pertanyaan wartawan terkait nama-nama yang diterima Presiden.

Dia hanya menjelaskan beberapa kriteria yang diusulkan dan akan ditetapkan Presiden untuk menggantikan posisi Komjen (Pol) Budi Wasesa ini.

"Tentu Presiden punya ukuran-ukuran untuk memilih kepala BNN. Ukuran-ukuran itu bisa didapat dari banyak masukan, antaranya dari Kapolri. Kriteria yang paling baiklah, yang profesional, integritasnya tinggi, bagus, berani, gitulah. Saya kira itu," jelasnya.

Ketika ditanya pada pekan ini apakah Kepala BNN yang baru akan dilantik, Johan Budi tidak bisa memastikan.

"Kalau pelantikan saya tidak tahu. Tapi kalau kapan diputuskannya kapan, tadi saya konfirmasi, hari ini bapak Presiden akan memutuskan kepala BNN yang baru berdasarkan usulan-usulan itu.

Pewarta: Joko Susilo

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018