Jakarta (Antaranews Babel) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai tahap pertama 2018 berjalan lancar.

"Semua berjalan lancar, tidak ada masalah. Kalaupun ada, hanya satu-dua masalah data di daerah tertentu," kata Mensos di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan permasalahan data tersebut terkait dengan perubahan status warga tidak mampu menjadi mampu maupun sebaliknya.

Namun secara umum dia mengatakan penyaluran bansos tidak menghadapi kendala. Lebih lanjut dia mengatakan Kemensos tidak ingin hanya sekedar memberikan bantuan tapi juga meningkatkan kesejahteraan warga miskin.

"Kita juga berpikir agar bagaimana status ketidakmampuan itu bisa ditingkatkan menjadi mampu. Karena itu kita telah mendesain beberapa program yang disebut pemberdayaan masyarakat," kata dia.

Diharapkan dengan pemberdayaan tersebut bisa mendorong mereka mandiri dan  keluar dari status tidak mampu.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat mengatakan saat ini realisasi penyaluran PKH nontunai tahap pertama 2018 sudah mencapai 97 persen.

Sementara realisasi penyaluran BPNT hingga akhir Februari 2018 sudah mencapai 86 persen.

Kementerian Sosial menargetkan pencairan tahap pertama bansos PKH dan rastra serta BPNT tuntas pada Februari 2018.

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018