Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan sebuah kendaraan roda tiga untuk operasional e-warong dari Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung.

Kepala Dinsos PPPA Kota Pangkalpinang Fitriansyah, Selasa, mengatakan bantuan satu unit kendaraan tersebut akan diserahkan kepada salah satu e-warong di daerah itu untuk mempermudah penyaluran bantuan pangan non-tunai.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada BI Babel yang telah membantu stau unit kendaraan operasional e-warong dan telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh pemangku kepentingan pendukung BPNT, penyedia e-warong, pengurus e-warong, camat serta perwakilan keluarga penerima manfaat (KPM) se-Kota Pangkalpinang," katanya.

Ia mengatakan, Kota Pangkalpinang merupakan salah satu daerah yang masuk dalam perluasan BPNT yang sudah seharusnya mentransformasi program Bansos Rastra menjadi BPNT pada April 2018.

"Bansos Rastra terakhir diterima oleh KPM pada Maret 2018 dan sudah terealisasi penyalurannya pada 9 hingga 12 Maret. Sedangkan untuk April seluruh KPM akan mendapat kartu BPNT sekaligus mendapatkan akun bank tabungan sebagai pengganti Rastra dengan besaran bantuan sebesar Rp110 ribu/kk/bulan," katanya.

Dikatakannya, bantuan uang tersebut dapat dibelanjakan di e-warong dan 46 agen sebagai warung yang menyediakan kebutuhan KPM berupa beras dan telur.

"Jumlah KPM penerima BPNT masih sama seperti KPM Rastra yaitu sebanyak 5.682 KK. Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan BNI 46 sebagai Bank penyalur untuk tahap registrasi akun bank," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk tahap pertama yang telah teregestrasi pendaftaran sebanyak 3.695 KPM dan saat ini pihaknya sedang memaksimalkan kesiapan e-warong untuk menyediakan kebutuhan pangan berupa beras dan telor bagi KPM.

"E-warong yang ada saat ini sebanyak 8 unit yang tersebar di tujuh kecamatan dan ini akan kami maksimalkan untuk menyediakan kebutuhan pangan bagi KPM," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018