Jakarta (Antaranews Babel) - Ketua Senat Parlemen Republik Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev mengundang Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menghadiri pertemuan antaragama sedunia yang akan digelar di Astana, Kazakhstan, Oktober 2018.

"Di samping  hubungan timbal balik juga mengundang untuk menghadiri pertemuan antaragama dunia di Kazakhstan nanti dan kita menyambut baik upaya tersebut karena sangat penting untuk perdamaian," kata Wakil Presiden Kalla yang didampingi Kassym-Jomart Tokayev, usai keduanya bertemu di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu.

Wapres JK mengatakan Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbesar di dunia sangat berpartisipasi dalam perdamaian.

Kassym-Jomart Tokayev kesempatan tersebut, mengatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla merupakan teman bagi Kazakhstan dan telah berperan positif dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di Astana, Kazakhstan pada September tahun lalu.

Kassym yang mengadakan pembicaraan dengan Wapres sekitar 15 menit tersebut mengatakan tujuan mengunjungi Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menyampaikan undangan konferensi pertemuan tokoh antaragama dan politisi sedunia yang akan digelar di Astana, Oktober mendatang.

Pertemuan berskala global tersebut, akan dihadiri tidak hanya tokoh-tokoh agama sedunia dan juga para politisi.

Tokayev menyatakan, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia dapat berperan penting dalam pertemuan tersebut.

"Jadi kita percaya Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia akan berperani penting kepada acara ini. Ini merupakan acara global dan disorot oleh media global yang mana para pemimpin agama dunia turut berpartisipasi seperti juga politisi dunia. Kami percaya Indonesia sebagai negara muslim terbesar dapat mewakili dunia Islam dalam acara ini dan berbicara atas nama umat Islam," katanya.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018