Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengharapkan Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra mempromosikan tenun cual khas daerah ini ke dunia internasional.

"Dengan acara pulang kampung ini, kita boleh membuat suatu catatan dari kampung untuk dunia," kata Erzaldi Rosman Djohan, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan sebagai orang Bangka Belitung, Sonia Fergina Citra yang terpilih sebagai Putri Indonesia 2018 dan akan mengikuti ajang bergengsi Miss Universe diharapkan memperkenalkan kerajinan khas daerah ini, seperti tenun cual, pewter (kerajinan berbahan baku timah), batu satam, dan lainnya.

Selain itu, wanita kelahiran Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, 27 April 1992 itu diharapkan mempromosikan makanan khas daerah ini madu pelawan, dan sumber daya alam lainnya ke dunia internasional.

"Ini momen yang tepat untuk lebih memperkenalkan sumber daya alam dan kerajinan khas daerah ini ke dunia internasional," katanya.

Perajin tenun cual Pangkalpinang Ishadi sangat berharap Putri Indonesia memperkenalkan tenun cual, karena akan berdampak baik terhadap pemasaran dan minat masyarakat menekuni kerajinan tenun di daerah itu.

"Selama ini pemasaran tenun cual masih terbatas, sehingga mempengaruhi minat generasi muda menekuni usaha tenun yang makin berkurang," katanya lagi.

Ia mengatakan tenun cual ini memiliki tekstur kain yang halus, adanya harmoni antara sungkit, ikat dan motif sehingga tidak ada  sesuatu yang dominan dari yang lainnya.

Warna celupan benangnya tidak berubah dan ragam motifnya merupakan simbol masyarakat Melayu Bangka Belitung yang rendah hati dan selalu menjaga marwah.

"Motif tenun cual ini sangat mempesona di antaranya bebek-bebekan, naga bertarung, burung hong, kembang china, seroja, teratai, cempaka, gajah dan motif garuda," ujarnya pula.

Baca juga: Babel bekali Putri Indonesia pengetahuan potensi unggulan

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018