Sungailiat (Antaranews Babel) - Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Corry Ihsan mengajak seluruh masyarakat di daerahnya turut serta mengawasi pelaksanaan Pilkada 2018.

Peran masyarakat dalam hal ini berada di posisi terdepan karena berhubungan langsung dengan peserta pilkada, katanya di Sungailiat, Jumat.

"Secara formal kami mempunyai tanggung jawab mutlak sebagai lembaga pengawas pilkada, namun keterlibatan masyarakat tidak dapat dipisahkan," ujarnya.

Menurut Corri, peran pengawasan masyarakat yakni memberikan laporan secara konkrit kepada Panwaslu jika mengetahui adanya dugaan pelanggaran oleh peserta pilkada.

Dugaan pelanggaran yang rentan terjadi dan dilakukan oleh peserta pilkada adalah politik uang, dimana sesuai ketentuan pemberi maupun penerima dapat dikenai sanksi.

"Saya tekankan, persoalan politik uang jangan diabaikan karena dapat merugikan baik dari pihak peserta maupun masyarakat penerima, " ujarnya.

Dia berkeyakinan pelaksanaan Pilkada 2018 akan berjalan sesuai yang diharapkan dengan cara menekan seminimal mungkin segala bentuk pelanggaran. Hal penting lainnya adalah peran dukungan masyarakat untuk menyampaikan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya.

"Kami melakukan berbagai upaya pencegahan yang terintegrasi dengan Badan Pengawas Pemilu baik pusat maupun provinsi," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018