Pangkalpinang (Antaranews Babel) - DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta pemerintah kota lebih memperhatikan kesejahteraan petugas kebersihan di kota itu.

Anggota Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rano, Jumat, mengatakan upah yang diterima petugas kebersihan saat ini masih jauh dari layak untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

"Dengan beban kerja yang lumayan banyak, kami rasa memang perlu ada kenaikan gaji bagi mereka, karena gaji yang diterima saat ini hanya Rp900 ribu per bulan. Saya rasa itu tidak mungkin bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari," katanya.

Wacana kenaikan gaji bagi petugas kebersihan sudah seharusnya segera direalisasikan, karena gaji honorer di seluruh OPD sudah di atas gaji petugas kebersihan tersebut.

Ia mengatakan, pertemuan antara Komisi III dan DLH hasilnya sudah disepakati bahwa DPRD Kota Pangkalpinang akan mengeluarkan rekomendasi kepada pemkot untuk segera merealisasikan kenaikan gaji petugas kebersihan.

"Kami telah mengeluarkan rekomendasi agar pemkot lebih memperioritaskan gaji petugas kebersihan dan harus segera diajukan dalam anggaran perubahan atau paling lama pada APBD induk 2019," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018