Muntok (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan pelatihan keterampilan untuk kaum perempuan guna mengembangkan jiwa wirausaha sekaligus menumbuhkan usaha kecil dan menengah.

"Kemandirian kaum perempuan perlu mendapat perhatian untuk membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga, kami berharap setelah pelatihan ini akan muncul pelaku usaha baru di sektor makanan olahan," kata Kepala Bidang Industri Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Agus Setyadi di Muntok, Rabu.

Untuk membangun semangat kewirausahaan para ibu rumah tangga di daerah itu, pihaknya menggelar pelatihan pengolahan makanan berbahan baku ikan selama tiga hari, mulai Seni (26/3).

Pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta, perwakilan dari enam kecamatan di seluruh kabupaten yang dibimbing instruktur dari Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan Jakarta.

"Kami berharap para peserta menyerap seluruh ilmu dan keterampilan yang diberikan narasumber sehingga bisa menjadi modal awal memulai usaha," kata dia.

Ia mengatakan, pelatihan difokuskan pada pengolahan makanan berbahan baku ikan karena sesuai dengan sumber daya alam yang ada di daerah itu.

"Daerah ini merupakan salah satu daerah kepulauan yang kaya berbagai jenis ikan, namun belum termanfaatkan mansimal karena keterbatasan kemampuan mengolah," katanya.

Dengan memiliki keterampilan pengolahan ikan, diharapkan nantinya para ibu rumah tangga bisa mulai merintis usaha kecil yang diharapkan bisa membantu perekonomian keluarga.

"Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, kami optimistis usaha yang digeluti akan semakin berkembang," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018