Koba (Antaranews Babel) - Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pojok baca untuk meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat.

"Kami akan membangun pojok baca mengambil satu ruangan di kantor, anggarannya sudah kami ajukan menggunakan APBD dan direncanakan tahun ini direalisasikan," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, ruang atau pojok baca itu dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang terintegrasi dengan sejumlah OPD di Pemkab Bangka Tengah dan fasilitas tersebut dimanfaatkan untuk umum.

"Pojok baca itu juga kami kolaborasikan dengan kuliner daerah untuk membuat pengunjung betah berlama-lama membaca sambil menikmati aneka kuliner daerah," katanya.

Ia juga mengatakan, pojok baca akan dilengkapi dengan pohon buku dan katalog berkualitas sehingga pengunjung yang datang semakin betah dan merasa nyaman membaca buku yang tersedia di ruangan.

"Ini bagian dari meningkatkan minat baca masyarakat, selain melaksanakan kegiatan lainnya di antaranya beliterasi, lomba bercerita, lomba membuat cerita daerah, jelajah sastra lisan," ujarnya.

Pihaknya terus mendorong masyarakat meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan yang dapat mendorong dan memotivasi masyarakat terutama kalangan pelajar di daerah itu.

"Pojok baca merupakan sarana yang kami sediakan untuk masyarakat yang gemar membaca dan mencari buku untuk literasi bagi pelajar yang ingin membuat tugas," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018