Sungailiat  (Antaranews Babel) - Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai tiga tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di dua kabupaten dan satu kota di daerah itu masih kondusif walaupun ada laporan pelanggaran.

"Berdasarkan pengawasan kita dan Panwaslu di kabupaten dan kota semua tahapan masih sesuai aturan perundang-undangan," kata Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan berkaitan dengan pelanggaran yang ada dalam tahapan pilkada hal itu sudah ditindaklanjuti Panwaslu masing-masing daerah dan masih dalam tahap proses berjalan baik kajian dan yang lainnya.

Menurut Edi, hingga saat ini khusus pelanggaran tahapan pilkada Kota Pangkalpinang sudah sampai ke pengadilan untuk ditindaklanjuti.

"Kita kawal terus proses itu terutama oleh kawan-kawan di Panwaslu. Kita masih menunggu hasil persidangan saja," jelasnya.

Edi menjelaskan pihaknya bersama Panwaslu kabupaten dan kecamatan sudah menjalankan konteks pencegahan serta meminimalisir terjadinya pelanggaran.

Pengawasan yang dilaksanakan pun tetap mengedepankan konteks pencegahan hingga saat ini, walaupun masih ditemukan adanya pelanggaran oleh calon.

"Kita tak henti-hentinya mengimbau kepada para calon dan tim sukses, supaya mengikuti aturan perundang-undangan," kata Edi.

Ia berharap calon dan tim sukses tidak menyalahi aturan, jika tetap tidak diindahkan maka akan dilanjutkan dengan sanksi tegas sesuai aturan dan perundang-undangan.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018