Sungailiat (Antaranews Babel) - Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan 1.000 setifikat tanah gratis kepada masyarakat di daerah itu.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iwan Taruna Isa di Sungailiat, mengatakan pembagian setifikat tanah gratis ini merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilakukan pemerintah pusat.

"Dari 1.000 sertifikat tanah gratis ini, 100 di antaranya dibagikan kepada warga Sungailiat, sedangkan sisanya 900 sertifikat untuk masyarakat di kabupaten lain," katanya.

Menurut dia, sertifikat tanah tersebut akan memberikan kepastian bagi masyarakat sehingga perselisihan soal tanah dapat diselesaikan dengan baik.

Program pembagian sertifikat tanah gratis ini juga sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan bantuan modal usaha, karena mereka bisa menggunakannya sebagai jaminan.

Pada 2017 BPN Babel ditargetkan pemerintah pusat menyertifikasi sebanyak 44.000 bidang tanah dan sudah diselesaikan dengan baik.

"Sebagian sertifikatnya sudah kami serahkan kepada masyarakat dan sebagiannya lagi masih dalam proses penyerahan. Insya Allah jika Bapak Gubernur ditanya Presiden, kami sudah siap lagi menyerahkan sertifikat untuk 5.000 bidang tanah," katanya.

Sementara untuk 2018 pihaknya kembali ditargetkan sebanyak 70.000 bidang tanah, dimana biasanya setiap tahun hanya sekitar 4.000 bidang.

"Ini memang target yang berat, namun kami akan berupaya maksimal menyelesaikannya. Karena ini merupakan kegiatan yang sangat besar, maka kami melakukan jemput bola ke rumah-rumah untuk mengajak masyarakat supaya menyertifikatkan tanahnya. Kami juga sangat berharap jika kegiatan itu dibantu oleh pemerintah setempat agar bisa diselesaikan dengan cepat," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018