Sungailiat  (Antaranews Babel) - Plt Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah mengatakan, kegiatan Triathlon mendukung terwujudnya pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata.

"Saya optimistis kegiatan Triathlon dapat mendukung percepatan KEK pariwisata karena diikuti oleh sejumlah atlet baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya di Sungailiat, Jumat.

Melalui para atlet kata dia, akan menyampaikan ke teman, kerabat dan yang lain mengenai keindahan wisata di Pulau Bangka.

Baca juga: 15 negara bakal ikuti Sungailiat Triathlon 2018

Diakuinya, untuk mewujudkan KEK pariwisata harus mendapat dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat termasuk para wisatawan.

"Tidak akan terwujud sesuai harapan jika keindahan wisata yang kita promosikan tanpa didukung oleh semua pihak termasuk dari pengunjungnya," katanya.

Triathlon diikuti sebanyak 520 peserta dari 18 negara yang didominasi oleh peserta dari Indonesia sebanyak 469 peserta dengan 51 atlet mancanegara yakni dari Algeria, Australia, Denmark, Ethiopia, Perancis, Jerman, Hungary, India, Jepang, Malaysia, Belanda, New Zealand, Portugal, Rusia, Spanyol, Inggris dan Amerika.

Menurutnya, untuk mendorong percepatan KEK pariwisatanya telah disediakan lahan seluas lebih dari 300 hektare mulai dari Pantai Rambak sampai Pantai Rebo Sungailiat.

"Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait juga mendukung penuh terwujudnya KEK pariwisata di Kabupaten Bangka," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018