Sungailiat (Antaranews Babel) - Plt Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah meminta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) meningkatkan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi kebutuhan masyarakat.

"Saya minta TPID yang diketuai langsung oleh sekretaris daerah agar meningkatkan koordinasi dengan OPD mengingat akan terjadi lonjakan kebutuhan pangan masyarakat menjelang dan pada saat bulan Ramadhan," katanya di Sungailiat, Selasa.

Selain berkoordinasi TPID juga harus secara rutin melakukan pemantauan di lapangan guna mengetahui langsung baik harga kebutuhan pangan masyarakat maupun ketersedian barang di pasar.

"Segera melakukan tindakan melalui koordinasi dengan pihak distributor jika terjadi kekurangan pasokan kebutuhan pangan masyarakat," ujarnya.

TPID memiliki tugas di antaranya melakukan pengumpulan data dan informasi terkait perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting, barang lainnya serta jasa.

"Koordinasi dengan TPID provinsi juga harus dilakukan guna memperkuat sistem logistik di daerah serta mengantisipasi terjadinya permasalahan inflansi di daerah," tambahnya.

Ketersedian stok pangan menjelang dan pada saat bulan Ramadhan merupakan bagian dari pelayanan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah.

TPID mempunyai kewenangan menyusun kebijakan pengendalian inflasi pada tingkat kabupaten dengan memperhatikan kebijakan pengendalian inflasi nasional dan pengendalian inflasi di tingkat provinsi.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018