Koba (Antaranews Babe) - Ustadz Subki Al Bughury berceramah dihadapan ribuan jamaah di Masjid Raihan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka Tabligh Akbar menjelang Ramadhan yang diselenggarakan pemerintah setempat bekerja sama dengan Polda Babel.

"Menjelang Ramadhan yang harus dipersiapkan adalah mental spritual agar ibadah yang dilaksanakan selama Ramadhan benar-benar diterima oleh Allah SWT," katanya dalam materi ceramah di Koba, Jumat.

Dalam tausiahnya Al Bughury lebih menekan empat hal yaitu keluarga yang sakinah, rahmat, permohonan ampunan dari Allah SWT dan orang yang selalu memakmurkan masjid.

"Kemudian yang tidak kalah penting dalam menjalankan ibadah dalam bulan Ramadhan adalah meningkatkan kesabaran dan selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita," katanya.

Ia menjelaskan, para jamaah harus sabar dalam beribadah, sabar untuk meninggalkan kemaksiatan supaya ibadah yang dijalankan mendapat ridho dariNYA.

"Setelah sabar untuk meninggalkan perbuatan maksiat, maka sabar juga dalam menghadapi takdir. Karena takdir Allah bisa saja terjadi kapan saja sesuai kehendakNYA. Semoga amal ibadah yang kita kerjakan selama ini mendapat ridho," ujarnya.

Kapolda Babel Brigjen Drs H Syaiful Zachri mengatakan tabligh akbar tersebut dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT menjelang Ramadhan tahun ini dan pelaksanaannya bekerja sama dengan Pemkab Bangka Tengah.

"Saya sangat senang sekali bisa bertemu dengan begitu banyaknya jamaah yang hadir dalam kegiatan ini, mari kita sama-sama munundukkan kepala dan merendahkan hati untuk sama-sama berserah diri kepada Allah SWT. Lupakan dulu semua jabatan, pangkat dan segala macamnya dan sekarang kita adalah sama-sama ciptaanNYA dan hambaNYA," katanya.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah menjalankan sejumlah program untuk membina mental spritual di antaranya sajadah fajar, subuh berjamaah, safari Jumat, dan magrib mengaji.

"Program ini sudah terlaksana sejak beberapa tahun yang lalu di sejumlah rumah ibadah di daerah itu dalam rangka meramaikan masjidan mensiarkan Islam," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018