Pangkalpinang (Antara Babel) - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Bangka Belitung akan menyosialisasikan cara-cara mengemudi yang baik dan benar kepada masyarakat sebagai lanjutan dari kegiatan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berkendara.


"Sosalisasi cara mengemudi ini akan menjelaskan bagaimana menjadi pengemudi yang baik dimulai dari pengecekan seluruh administrasi kendaraan hingga kelengkapan dan kesiapan kendaraan itu sendiri," ujar Kapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Budi H Untung di Pangkalpinang, Kamis.


Dia mengatakan, dalam mengemudi ada aturan yang harus ditaati  seperti pengecekan kelengkapan dan kesiapan kendaraan dan pengemudi itu sendiri.


"Aturan itu harus dilaksanakan demi kenyamanan dan keamanan pengendara lain yang ada di jalan raya, karena pengemudi yang baik adalah pengemudi yang menaati peraturan," ujarnya.


Dikatakannya, pengecekan kelengkapan dan kesiapan kendaraan meliputi pengecekan surat kendaraan, rem, lampu sen, ban dan kelengkapan lainnya yang berhubungan dengan keamanan dan kenyaman di jalan raya.


"Sering kali terjadinya kecelakaan di jalan raya dikarenakan kondisi kendaraan yang kurang baik seperti ban yang mulai gundul, rem yang kurang pakem hingga lampu rem yang tidak menyala," katanya.


Ia mengungkapkan, kegiatan itu nantinya akan memanggil ahli dari Jakarta untuk memberikan pelatihan kepada para anggota polisi yang ada di Polda dan kemudian akan dilakukan pelatihan kepada masyarakat.


"Diharapkan dengan dilakukannya pelatihan mengemudi kepada masyarakat nantinya bisa menekan angka kecelakaan yang sering di jalan raya," ujar Budi.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014