Sungailiat  (Antaranews Babel) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan kelompok-kelompok sadar wisata dapat ikut mengembangkan objek wisata di daerah masing-masing.

"Kelompok sadar wisata atau pokdarwis juga harus bisa mengangkat kuliner khas desa sehingga menjadi suatu suguhan menarik bagi pengunjung saat datang ke objek wisata setempat," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan hal ini berkenaan dengan keindahan alam dan potensi wisata yang ada di setiap desa di Kabupaten Bangka, dimana dengan ide kreatif serta inovatif maka keindahan itu dapat dinikmati seluruh masyarakat.

Menurut dia, pokdarwis juga bisa mempromosikan potensi wisata ke publik dengan memandu para wisatawan yang datang.

"Publikasinya tidak hanya melalui media, karena pokdarwis juga bisa memandu wisatawan yang berkunjung dan mempromosikannya secara langsung," katanya.

Asep mengharapkan masyarakat dapat mendukung pokdarwis di daerah masing-masing karena memiliki peran penting serta lebih mengenal potensi alam,?budaya, adat dan tradisi yang merupakan hal unik setiap desa.

"Masyarakat memiliki tradisi berbeda tentu akan mempunyai aturan yang berbeda pula, dan ini merupakan salah satu keunikan yang dapat disampaikan kepada wisatawan. Jadi mari pokdarwis bersama masyarakat saling mendukung agar apa yang diharapkan dapat tercapai demi kesejahteraan masyarakat desa," katanya.

Sementara Pokdarwis Deniang, mintra binaan PT Timah sedang mengembangkan budi daya ikan air tawar di bekas tambang bijih timah (kolong) guna memotivasi warga membudidayakan ikan di daerah itu.

"Alhamdulillah pengembangan budidaya nila, lele, patin, gurami di lahan bekas tambang timah seluas 2,5 hektare berjalan dengan baik," kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Pokdarwis Deniang, Slamet

Ia mengatakan pengembangan budidaya ikan air tawar di kolong ini, karena permintaan pasar yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kesejateraan keluarga warga.

Selain itu budi daya dan pembesaran ikan air tawar ini juga memotivasi warga untuk menekuni usaha perikanan tersebut, katanya.

"Kita ingin warga selain bertani juga memelihara ikan di kawasan kolong yang telah disediakan," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018