Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - PT Pelindo II (Persero) Cabang Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan tempat khusus untuk sandar kapal penumpang, guna memudahkan perusahaan pelayaran memberikan pelayanan kepada masyarakat pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1439 Hijiriyah.

"Kapal-kapal barang tidak boleh lagi sandar dan membongkar muatan di dermaga khusus ini, karena mengganggu kelancaran arus mudik," kata General Manajer PT Pelindo II (Persero) Nugroho Iwan Prasetyanto di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan dermaga khusus kapal penumpang ini sesuai zonasi, guna mewujudkan pelabuhan penyeberangan yang aman, nyaman, tertib dan lancar. Jadi kapal-kapal barang tidak boleh lagi sandar di dermaga penumpang.

"Kita sudah menyediakan tempat sandar kapal nonpenumpang, demi kelancaran kedatangan dan keberangkatan kapal angkutan mudik tahun ini," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan dan menambah fasilitas di terminal penumpang pelabuhan untuk keamanan, kenyamanan masyarakat selama arus mudik.

"Saat ini persiapan sarana di terminal dan tempat sandar kapal penumpang di pelabuhan sudah 100 persen. Saat ini kita hanya menunggu pembangunan posko keamanan arus mudik di pelabuhan," ujarnya.

Ia memperkirakan calon penumpang selama arus mudik di pelabuhan akan mengalami peningkatan seperti tahun sebelumnya, sehingga perlu kesiapan sarana dan prasana yang memadai demi kelancaran angkutan lebaran tahun ini.

"Meski tren arus mudik lebih banyak menggunakan angkutan udara, namun demikian kita tetap berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pengguna angkutan laut yang akan berlebaran di pulang kampungnya," katanya.

Kementerian Perhubungan memprediksi akan terjadi kenaikan penumpang angkutan laut secara nasional pada Lebaran tahun ini sekitar 2 7 persen atau sekitar 1,7 juta penumpang dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018