Jakarta (Antaranews Babel) - Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, menyediakan takjil (makanan berbuka puasa) bagi para penumpang sebagai fasilitas untuk dalam musim lebaran tahun 2018.

"Selama bulan puasa musim mudik lebaran 2018, kami menyediakan ta'jil yang dibagikan secara cuma-cuma pada pemudik yang berpuasa untuk berbuka," kata Eksekutif General Manager Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI AU Pip Darmanto di Jakarta, Sabtu.

Dari penuturan pak Pip (sapaan akrab Pip Darmanto), pihak pengelola bandara tak tanggung dalam menyediakan ta'jil itu, yakni sebanyak 21 ribu yang dikelilingkan dan ditambah 1.500 buah makanan berbuka puasa di masjid bandara.

"Jadi tinggal dekati saja petugas yang membawa ta'jil untuk berbuka, langsung dikasih dan itu gratis," ujar Pip.

Menu berbuka gratis tersebut, kata Pip, merupakan layanan bandara untuk menambah fasilitas lainnya yang tersedia dalam menyambut arus mudik 2018.

Dari pantauan, bandara menyediakan penambahan fasilitas "self check in", posko lebaran untuk kesehatan dan keamanan, serta fasilitas untuk penumpang berkebutuhan khusus dan ibu menyusui.

"Berbagai fasilitas tersebut disediakan agar mudik bareng 2018 yang guyub dan rukun seperti keinginan pemerintah bisa terwujud," ujarnya.

Ketua Posko lebaran Bandar Halim Perdanakusuma, Yanti Haryanti, mengatakan fasilitas-fasilitas khusus itu yang ada di tempat strategis, dipersiapkan sedemikian rupa untuk menyambut musim lebaran 2018.

"Sebelum musim lebaran, kami sudah perbaharui fasilitasnya dengan perluasan ruang tunggu, ruang ibu menyusui dan toilet khusus difabel," ucap Yanti.

Selain menambah fasilitas, diberitahukan oleh otoritas bandara, mereka melakukan penambahan personil keamanan dan pelayanan untuk menginspeksi secara rutin dan ketat setiap fasilitas yang tersedia di bandara.

Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sendiri diprediksi akan mengalami puncak arus mudik pada hari Minggu (10/6) dan Senin (11/6) dengan rute favorit Solo, Jogjakarta dan Semarang.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018