Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Jumlah penumpang yang berangkat dan datang melalui Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak H+1 hingga H+3 Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah tercatat sebanyak 1.805 orang.

 "Penumpang sebanyak 1.805 orang ini berasal dari enam kali pelayaran baik itu yang datang maupun berangkat dengan menggunakan kapal cepat Ekspres Bahari," kata Kepala Sub Seksi Arus Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Ferdiansyah, Selasa.

Jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan ?tersebut sejak H+1 Lebaran sampai dengan H+3 tercatat sebanyak 1.013 orang dan yang datang 792 orang.

Sedangkan pada 2017 mulai H+1 sampai dengan H+3 Lebaran penumpang yang berangkat melalui pelabuhan ini sebanyak 1.060 orang dan yang datang 986 orang.

Menurutnya puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+5 sampai dengan H+7 Lebaran karena semua armada baik itu kapal cepat tujuan Tanjung Pandan Belitung maupun kapal Roro tujuan Tanjung Priok Jakarta mulai beroperasi.

"Saat ini hanya satu armada yang beroperasi yakni Kapal Ekpres Bahari Tujuan Tanjung Pandan Belitung," katanya.

Selain itu, jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya jumlah penumpang yang berangkat dan datang di Pelabuhan Pangkalbalam pada H+3 Lebaran tahun ini berkurang sebanyak 112 orang atau menjadi 560 orang dari 672 orang.

"Hari ini penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Pangkalbalam sebanyak 262 orang sedangkan yang datang sebanyak 298," katanya.

Sementara untuk kondisi arus penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang hingga saat ini masih berjalan lancar dan aman.

"Alhamduillah arus balik melalui Pelabuhan Pangkalbalam hari ini masih lancar dan aman serta tidak ada hambatan apapun yang terjadi," ujarnya.

Pewarta: Eko Septianto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018