Tanjung Pandan  (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah itu sebesar 80 persen.

"Target partisipasi pemilih kami adalah 80 persen, ini adalah keyakinan bersama, tadi juga disampaikan oleh Bupati Belitung, Kepala Dinas Kesbangpol, kita targetnya adalah segitu walaupun target nasional pilkada serentak ini adalah 77,5 persen," kata Ketua KPU Kabupaten Belitung, Sony Kurniawan di Tanjung Pandan, Senin.

Menurutnya KPU Kabupaten Belitung optimis memenuhi target partisipasi pemilih yang telah ditetapkan tersebut, karena pemilih pemula di kabupaten itu banyak yang sedang berada di tempat karena sedang libur kuliah.

Baca juga: KPU Belitung distribusikan logistik pemilu

"Jadi ada 10 persen memang yang kita targetkan partisipasinya dari pemilih pemula atau mahasiswa yang saat ini sedang di Belitung karena pulang libur kuliah," ujarnya.

Saat ini KPU Belitung terus melakukan pemantauan terhadap penyampaian formulir C6 yang sedang dilakukan oleh petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah itu.

"Kami terus melakukan pemantauan penyampaian C6 oleh KPPS kepada pemilih di TPS masing-masing, kemudian besok kami akan dapatkan data berapa formulir C6 yang sudah tersampaikan dan tidak tersampaikan dengan beberapa alasan yang dituangkan dalam regulasi. Itu bisa dikatagorikan memenuhi syarat untuk disampaikan ataupun tidak disampaikan," ujarnya.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan umum Bupati dan wakil Bupati kabupaten Belitung tahun 2018 sebanyak 120.235 pemilih.

Pilkada Kabupaten Belitung diikuti empat pasang calon, yaitu nomor urut satu Azwardy Azhar- Erwandi A.Rani, nomor urut dua Hellyana-Junaidi Rachman, nomor urut tiga Andi Lanna - Zulfriandi Afan dan nomor urut empat Sahani Saleh- Isyak Meirobie.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018