?Muntok, 28/6 (Antara) - Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar pelatihan dan diskusi sinematografi untuk meningkatkan kemampuan para sineas muda di daerah itu.

"Kami berharap melalui kegiatan sehari penuh ini, para pelaku perfilman lokal semakin kreatif dalam berkarya dan mampu bersaing di era kesejagatan," kata Ketua Komite Foto dan Videography Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Solo Sandro di Muntok, Kamis.

Pelatihan dengan narasumber sineas nasional, Benny Kadarharianto itu akan dilaksanakan pada Minggu (8/7) bertempat di Museum Timah Indonesia Muntok.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi sebanyak 50 orang yang positif bisa ikut menjadi peserta, sebagian besar dari Bangka Barat dan ada beberapa dari Sungailiat, Pangkalpinang dan Palembang," kata dia.

Menurut dia, pelatihan singkat sinematografi dengan narasumber yang cukup kompeten di bidangnya baru kali pertama dilaksanakan Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan kapasitas para sineas lokal.

Di daerah itu sudah muncul beberapa pegiat perfilman, peminat maupun komunitas belajar membuat film yang membutuhkan perhatian sehingga perlu difasilitasi dengan kegiatan itu.

Setelah pelatihan, direncanakan keesokan harinya akan digelar diskusi dengan narasumber bagi para peminat yang tidak sempat hadir pada Minggu.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan itu para pelaku perfilman lokal bisa belajar dan berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga bisa semakin berkembang," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018