Tanjung Pandan (Antaranews Babel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammadiah mengatakan 102 calon haji Tahun 2018 dari daerah itu sudah siap diberangkatkan.

"Ada sebanyak 102 orang yang akan diberangkatkan untuk ibadah haji tahun ini. Insya Allah semuanya dipastikan berangkat jika tidak ada yang berhalangan dan ini sudah final," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia jadwal keberangkatan jamaah haji Kabupaten Belitung pada 28 Juli 2018, dimana calon jamaah akan diberangkatkan menuju Embarkasi Palembang.

"Kalau sesuai Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) kelihatannya itu tanggal 28 Juli pagi. Kalau tidak ada perubahan, jadwal keberangkatan kita dari sininya juga pagi," katanya.

Berbagai persiapan terus dilakukan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Belitung menjelang keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk mematangkan pelaksanaan ibadah haji para jamaah yang berasal dari daerah itu.

"Kami persiapan sudah jauh-jauh hari dan Alhamdulillah sejauh ini hampir rampung, saat ini kami sedang melakukan pembagian koper kepada para jamaah. Kami juga sedang melaksanakan kegiatan manasik haji oleh Kemenag Belitung," ujarnya.

Ia mengimbau kepada para calon jamaah untuk menjaga kesehatan demi kelancaran ibadah tahun ini. Selain itu jamaah juga diharapkan tidak membawa barang-barang berbahaya atau yang dilarang dalam aturan penerbangan.

"Kami imbau terus jaga kesehatan, selain itu kami juga imbau agar jamaah tidak membawa barang-barang mudah meledak atau terbakar. Nanti juga barang-barang mereka akan kami sortir sebelum berangkat menuju Embarkasi Palembang agar sesuai dengan SOP penerbangan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018