Pangkalpinang, 10/7 (Antara) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di wilayah daratan provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu(11/7) cerah dan berawan.

"Sepanjang Rabu cuaca di seluruh daratan diperkirakan cerah, cerah berawan, dan berawan dengan peluang terjadi udara kabur di beberapa wilayah, terutama pada pagi hari,"kata prakirawan pada Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Selasa.

Sedangkan, kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 KM per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 100 persen.

BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,25 sampai 1,0 meter.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,5 sampai 1,0 meter.

"Namun demikian, kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Slamet.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 7 hingga 35 KM per jam yang bergerak dari Timur Laut ke Selatan, dari Tenggara ke Barat Daya, dan dari Timur ke Selatan.

BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Membalong, kabupaten Belitung diprakirakan mencapai 2,25 meter, di Sungailiat kabupaten Bangka 2,24 meter, di Toboali, kabupaten Bangka Selatan dan Kelapa Kampit, kabupaten Belitung Timur sekitar 2,05 meter.

Selain itu, di pesisir pantai di Mentok, kabupaten Bangka Barat sekitar 1,80 meter, di Belinyu, kabupaten Bangka 1,56 meter, dan di Tanjungpandan, kabupaten Belitung sekitar 1,50 meter.

"Kami mengimbau warga maupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Slamet.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018