Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Paidi mengatakan, sedikitnya 215 calon haji Tahun 2018 dari daerah itu sudah siap diberangkatkan.

"Ada sebanyak 215 orang yang akan diberangkatkan untuk ibadah haji tahun ini. Insya Allah semuanya dipastikan berangkat. Semuanya juga dalam kondisi sehat, bisa berjalan sendiri dan tidak ada yang menggunakan kursi roda," katanya di Pangkalpinang, Selasa.

Dikatakannya, 215 calon haji Kota Pangkalpinang tersebut dibagi dalam dua kelompok terbang, yaitu Kloter 8 sebanyak 37 orang dan Kloter 9 tercatat 178 orang.

"Rencana pelepasannya di Pangkalpinang pada 23 juli. Sedangkan keberangkatan ke embarkasi Palembang untuk Kloter 8 pada 28 Juli dan Kloter 9 tanggal 29 Juli," katanya.

Para calon haji asal Kota Pangkalpinang ini semuanya sudah mengikuti manasik haji dan hari Selasa ini untuk Kecamatan Rangkui tinggal mengikuti praktik manasik haji.

"Untuk di Pangkalpinang Alhamdulillah semua jamaah sudah mengikuti bimbingan, di KUA sebanyak delapan kali pertemuan bimbingan dan di tingkat kota sebanyak dua kali pertemuan bimbingan. Jadi total ada 10 kali bimbingan, semuanya yang dibiayai pemerintah," ujarnya.

Dalam pelaksanaan haji nanti, para jamaah akan didampingi oleh petugas kloter sebanyak lima orang yang terdiri pemimpin kloter satu orang, pembimbing ibadah satu orang, dokter kloter satu orang dan perawat dua orang.

"Harapan kami para jamaah terus menjaga kesehatan maupun fisik. Semua bekal manasik yang sudah dipelajari bisa menjadi bekal saat pelaksanaannya, paling tidak rukun dan wajib haji bisa dilaksanakan sehingga mereka bisa menjadi haji yang mambrur," katanya.

 

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018