Muntok (Antaranews Babel) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong anggotanya ikut berperan dalam melestarikan sekaligus menumbuhkembangkan seni rebana agar semakin digemari masyarakat.

"Peran serta para ibu rumah tangga dalam menjaga kelestarian budaya lokal tersebut cukup penting, kami sebagai pengurus TPPKK akan terus memotivasi para anggota agar peduli dengan budaya lokal," kata Ketua TPPKK Kabupaten Bangka Barat Annisa Parhan Ali di Muntok, Rabu.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya pelestarian budaya lokal, khususnya seni rebana, pihaknya menggelar lomba seni rebana tingkat kabupaten yang diikuti perwakilan seluruh kecamatan di kabupaten itu.

Selain menumbuhkembangkan seni rebana, kegiatan lomba yang digelar di Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat tersebut juga sebagai upaya meningkatkan tali silaturahim antarpengurus di daerah itu.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya organisasi yang diharapkan memberikan manfaat positif bagi pembangunan daerah," katanya.

Selain menggelar lomba seni rebana, pengurus juga menyelenggarakan lomba paduan suara dan senam.

"Kegiatan ini untuk melestarikan budaya lokal sekaligus upaya kami mengapresiasi para anggota yang tertarik dalam bidang seni," kata dia.

Dengan meningkatnya kepedulian para anggota PKK dalam bidang seni dan budaya diharapkan ke depan warisan yang kaya nilai kearifan lokal tersebut tetap terjaga kelestariannya dan diminati generasi muda.

"Minimal mereka bisa mengajarkan budaya lokal kepada anak-anak di rumah maupun di lingkungan tempat tinggalnya," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018