Belitung (Antaranews Babel) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turut serta menyukseskan kegiatan seleksi awak kendaraan umum teladan (Abdi Yasa Teladan) tingkat Kabupaten Belitung 2018, guna mendorong peningkatan pelayanan angkutan umum di daerah itu.

"Kegiatan abdi yasa teladan ini juga sebagai wadah sosialisasi program keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan," kata Petugas Jasa Raharja Wilayah Kabupaten Belitung M. Firmansyah di Tanjungpandan, Kamis.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

"Masyarakat harus terus diberikan edukasi bagaimana berlalu lintas dengan baik," ujarnya.

Menurut Firmansyah Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat khususnya kepada korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Selain memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan,Jasa Raharja juga berperan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diimplementasikan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) guna mendukung pengusaha kecil maupun menengah dan bantuan dana pembinaan lingkungan.

"Kami berharap melalui kegiatan ini para abdi yasa dapat menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh, sehingga dapat terwujud pelayanan jasa angkutan umum yang baik dan aman," katanya.

Dalam kegiatan tersebut Petugas Jasa Raharja di wilayah Kabupaten Belitung bertindak sebagai narasumber untuk menyampaikan materi mengenai peran dan fungsi Jasa Raharja kepada 11 peserta abdi yasa.

Selain itu, narasumber dari Satlantas Polres Belitung dan Dinas Perhubungan Belitung juga menyampaikan materi tentang pengetahuan bidang tertib berlalu lintas dan keselamatan angkutan jalan.

Peserta Abdi Yasa yang hadir dari berbagai kota/kabupaten se-Bangka Belitung terlihat sangat antusias menyimak paparan yang disampaikan oleh ketiga narasumber. Beberapa peserta juga mengajukan pertanyaan tentang hal - hal yang mereka alami di lapangan.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018