Muntok (Antaranews Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan baru menerima enam berkas pendaftaran bakal calon legislatif dari pengurus partai politik tingkat kabupaten yang akan menjadi peserta Pemilu 2019.

"Terhitung hingga satu hari menjelang berakhirnya tahap pendaftaran bakal calon legislatif, kami baru menerima enam partai politik, yaitu berkas yang diserahkan pengurus Partai Bulan Bintang, Partai Nasdem, Hanura, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKB," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Pardi di Muntok, Senin.

Tahapan penyerahan berkas pendaftaran bakal calon legislatif akan ditutup pada Selasa (17/7), untuk itu pihaknya akan tetap memberikan pelayanan mulai pagi hari hingga pukul 24.00 WIB.

Bagi pengurus partai politik yang tidak menyerahkan berkas pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan, secara otomatis mereka tidak bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta pemilihan anggota legislatif tingkat kabupaten pada Pemilu 2019.

"Setiap parpol menyerahkan 25 berkas bakal calon legislatif, sesuai ketersediaan kursi DPRD kabupaten yang terbagi menjadi tiga daerah pemilihan, yaitu daerah pemilihan Muntok dan Simpangteritip sebanyak 10 orang, Kelapa dan Tempilang tujuh orang dan Kecamatan Jebus dan Parittiga delapan orang," kata dia.

Menurut dia, masih banyak pengurus partai politik yang belum menyerahkan berkas dimungkinkan karena adanya kendala dalam menginput data dalam aplikasi.

"Kami berharap kendala bisa segera diatasi dan seluruh 16 parpol bisa menyerahkan berkas sesuai ketentuan sehingga bisa ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2019,`` ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Bangka Barat, Riandi mengatakan seluruh berkas persyaratan pendaftaran bakal calon legislatif dari partai tersebut sudah beres dan sudah terinput dalam sistem aplikasi.

"Jika masih ada kekurangan kami siap melakukan perbaikan," kata dia.

Terkait keterlibatan calon perempuan sebanyak 30 persen, kata dia, Partai Nasdem Kabupaten setempat sudah menyiapkan tiga orang kader perempuan untuk masing-masing daerah pemilihan, sesuai ketentuan.

"Para calon anggota legislatif yang disiapkan Partai Nasdem sudah melalui seleksi internal yang ketat, mereka cukup kompeten dan kami yakini mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018