Muntok (Antaranews Babel) - Sekitar 400 warga Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri acara `walimatus safar` yang digelar di rumah dinas Bupati Parhan Ali di Muntok.

"Kami masyarakat Bangka Barat mendoakan semoga jamaah calon haji bisa menjalankan ibadah di Tanah Suci dengan baik dan kembali dengan selamat," kata Bupati Bangka Barat, Parhan Ali di Muntok, Kamis.

Menurut dia, tidak semua orang yang mapan secara finansial, sehat jasmani dan rohani berkesempatan untuk memenuhi undangan-Nya.

"Jadi kepada jamaah calon haji agar dapat mempersiapkan diri lahir dan batin," kata Parhan.

'Walimatus safar' merupakan acara atau upacara yang diadakan untuk mendoakan seseorang yang akan melalukan suatu perjalanan suci, menunaikan ibadah haji.

Pada kesempatan itu, Bupati Parhan mengimbau kepada seluruh jamaah calon haji untuk tidak segan-segan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan pihak-pihak yang telah ditunjuk pemerintah demi kelancaran ibadah haji.

Selain itu, jamaah juga diminta selalu mematuhi peraturan dan norma-norma yang berlaku di Tanah Suci.

"Kami harapkan jamaah calon haji menjaga kesehatan, menjaga pola makan, sehat jasmani dan rohani serta selalu menjaga kekompakan dan saling membantu," kata dia.

Walimatus safar dilaksanakan pemkab setempat untuk mengantarkan keberangkatan sebanyak 123 orang calon haji dari Kabupaten Bangka Barat menuju Tanah Suci.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018