Tanjungpandan (Antaranews Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu untuk meningkatkan produksi olahan hasil perikanan.

"Sebagai dukungan memajukan sektor pariwisata, kami berharap agar pelaku UMKM bisa meningkatkan hasil olahan perikanan," kata Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Belitung, Destika Effenly di Tanjung Pandan, Jumat.

Upaya tersebut akan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan kepada beberapa kelompok usaha UMKM yang ada di daerah itu.

"Setiap tahun kami adakan sebanyak dua kali pelatihan. Kami masuk ke desa-desa memberikan sosialisasi, materi hingga pelatihan," ujarnya.

Menurut dia saat ini produk olahan hasil perikanan di daerah cukup beragam. Juga dilakukan pemasaran hingga ke berbagai daerah baik dalam bahkan luar negeri.

"Ada yang diolah menjadi kritcu, kerupuk, peletek, abon bahkan keripik. Cukup banyak sekali hasil olahan perikanan ini," ujarnya.

Ia berharap agar nelayan-nelayan kecil di daerah itu untuk membentuk kelompok nelayan atau usaha bersama.

"Nelayan-nelayan kecil diharapkan bisa membentuk kelompok. Nanti diberikan pelatihan, kami lihat perkembangannya baru diberikan bantuan agar ada kemandirian," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018