Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membentuk Loka POM di Belitung guna mengoptimalkan pengawasam terhadap obat dan makanan di daerah itu.

"Kita sudah audiensi dengan Wakil Gubernur Babel serta sudah berkoordinasi dengan Bupati Belitung untuk menbangun Loka POM pada akhir Juli ini di Belitung," kata Kepala BPOM Babel, Hermanto di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belitung mendukung penuh pembentukan Loka POM untuk mendekatkan pengawasan terhadap obat dan makanan yang beredar di Belitung dan Belitung Timur.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat BPOM Babel akan segera membentuk Loka POM dengan menempati bangunan sementara yang disiapkan oleh Pemkab Belitung.

"Selain merekomendasikan gedung kantor, Pemkab Belitung juga membantu kita menjaring SDM dari tenaga honorer. Dan kita akan menempatkan SDM terbaik kita sebagai kepala dan tenaga ahli," ujarnya.

Hermanto berharap pembentukan Loka POM di Belitung dapat memberi dampak keamanan produk kosmetik dan obat tradisional yang digunakan oleh masyarakat.

"Berdirinya Loka POM di Belitung dapat menyelesaikan permasalahan obat dan makanan, seperti izin edar yang diterbitkan, maka dapat memberi jaminan kramanan untuk kesehatan masyarakat Babel, sekaligus berdampak untuk perekonomian masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018