Toboali (Antaranews Babel)-Puluhan peserta baik dari dalam maupun luar daerah meriahkan festival mural dalam rangkaian kegiatan Toboali City On Fire (TCOF) seoson III yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Ketua Pelaksana Festival Mural, Vinsent mengatakan peserta yang berasal dari luar Bangka, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan provinsi lainnya di Indonesia sangat antusias mengikuti perlombaan melukis dinding ini.

Buktinya, para peserta tidak hanya berasal dari Bangka saja, bahkan diluar Bangka. Menurutnya,  ini dapat menjadi magnet yang sangat luar biasa untuk menarik para seniman yang ada di Indonesia untuk datang ke Babel.

"Jumlah peserta sebanyak 33 orang dan sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Luar biasa! Ini dapat menjadi magnet untuk menarik para seniman yang ada di Indonesia untuk datang ke Babel, " katanya.
Puluhan peserta baik dari dalam maupun luar daerah meriahkan festival mural dalam rangkaian kegiatan Toboali City On Fire (TCOF) seoson III yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (babel.antaranews.com/Eko SR)

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah yang memiliki wisata alam yang menarik. Seperti di Toboali ini. Vincent mengungkapkan, di Toboali ini sendiri banyak objek wisata pantai yang belum dikenal oleh para wisatawan, seperti Pantai Batu Kodok. Oleh sebab itu, Ia memanfaatkan pantai ini sebagai tempat perlombaan Festival Mural pada saat diselenggarakannya TCOF. Menurutnya, hal ini ditujukan agar Pantai Batu Kodok dapat menjadi tujuan destinasi wisata baru di Toboali.

"Jadi, Pantai Batu Kodok ini belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Oleh karena itu saya memilih pantai ini sebagai tempat pelaksanaan perlombaan festival mural agar nanti dapat menjadi tujuan destinasi wisata baru, " katanya.

Selain itu, Ia menjelaskan, tema festival mural kali ini adalah " Pesona Bahari " , dimana setiap hasil karya yang dilukis oleh para seniman memceritakan tentang wisata alam bahari yang ada khususnya di Toboali.
(babel.antaranews.com/Eko SR)

"Tema kali ini " Pesona Bahari ". Jadi setiap lukisan itu punya cerita. Ada pesan yang disampaikan disitu, pastinya tentang wisata alam bahari yang ada di Toboali, " jelasnya.

Lebih jauh Ia mengatakan, total hadiah yang akan diperebutkan oleh para peserta lomba dari enam kategori  adalah uang tunai sebanyak Rp. 15.000.000,-. Ia menuturkan, hadiah ini dari pemerintah daerah. Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan para peserta lomba dipersiapkan oleh masing-masing peserta.

"Saya disini hanya penggagas. Saat ini pemerintah sedang berupaya merangkul seluruh komunitas. Untuk itu, kami ciptakan komunitas positif yang dapat memberikan manfaat, seperti seni lukis mural ini, " katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018